Minggu, 26 Agustus 2012

Alat Ekskresi Manusia


Proses pengeluaran pada manusia dibedakan menjadi empat, yaitu defekasi, ekskresi,sekresi, dan eliminasi.

(a) Defekasi Defekasi adalah proses pengeluaran sisa-sisa pencernaan makanan yang disebut feses. Zatyang dikeluarkan meliputi zat sisa pencernaan yang tidak diserap oleh usus, sehingga merupa-kan zat sampah yang tidak berguna dan sudah mengalami pembusukan oleh bakteri pembusukdi usus besar.  
(b) Ekskresi Ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat sampah sisa metabolisme yang tidak berguna lagi bagi tubuh, misalnya keringat, urine, karbon dioksida, dan uap air. (c) Sekresi Sekresi adalah proses pengeluaran zat yang dilakukan oleh suatu kelenjar. Zat yang dikeluar- kan tersebut masih digunakan atau dibutuhkan oleh tubuh. Zat yang dikeluarkan berupa getah yang disebut enzim atau hormon. Misalnya, kelenjar pencernaan menghasilkan getah-getah pencernaan atau enzim pencernaan.  

(d) Eliminasi Eliminasi adalah proses pengeluaran zat-zat dari rongga tubuh, baik dari rongga yang kecil, misalnya saluran air mata, maupun dari rongga yang besar, misalnya usus. Dari keempat proses tersebut dapat diketahui bahwa zat yang dikeluarkan dalam proses penge- luaran dapat berupa zat padat, cair, maupun gas. Manusia mempunyai alat ekskresi yang berbeda dan lebih kompleks jika dibandingkan dengan hewan vertebrata lain. Beberapa bagian tubuh yang berfungsi dalam proses ekskresi adalah ginjal, kulit, paru-paru, hati, dan usus besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar