INSTRUMEN VALIDASI DOKUMEN RPP
Nama :.....................................
NIP :.....................................
NPTK :.....................................
Mata
Pelajaran :.....................................
Sekolah : SMP ............................
Hari Tanggal :......................................
No
|
Komponen/Indikator
|
Penilaian
|
Catatan
|
||
Ya
|
Tidak
|
||||
I
|
Umum
|
|
|
|
|
|
A
|
Disusun
untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih
|
|
|
|
|
B
|
Komponen
RPP: identitas mapel, SK, KD, indikator pencapaian kompetensi, tujuan
pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan
pembelajaran (pendahuluan, inti, penutup), penilaian hasil belajar dan sumber
belajar
|
|
|
|
II
|
Penjelasan
Komponen RPP
|
|
|
|
|
A
|
Identitas RPP
|
|
|
|
|
|
1
|
Meliputi
satuan pendidikan, kelas, semester, program, mata pelajaran, jumlah pertemuan
|
|
|
|
B
|
SK dan KD
|
|
|
|
|
|
1
|
Rumusan
Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar ISI
|
|
|
|
|
2
|
Keterkaitan
antara SK dan KD
|
|
|
|
C
|
Indikator
|
|
|
|
|
|
1
|
Ada
kesesuaian dengan indikator pada silabus
|
|
|
|
|
2
|
Indikator
dikembangkan sesusai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran,
satuan pendidikan, dan potensi daerah.
|
|
|
|
|
3
|
Indikator
dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dengan
diamati yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap
|
|
|
|
|
4
|
Indikator
digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian
|
|
|
|
|
5
|
Setiap
KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (minimal satu KD ada dua indikator
|
|
|
|
|
6
|
Kata
Kerja Operasional (KKO) pada indikator pencapaian tidak melebihi tingkatan
berpikir KKO dalam KD
|
|
|
|
D
|
Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Mengembangkan
proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai
dengan kompetensi dasar
|
|
|
|
E
|
Materi Ajar
|
|
|
|
|
|
1
|
Memuat
fakta, konsep, dan prosedur yang relevan
|
|
|
|
|
2
|
Cakupan
materi sesuai dengan kompetensi yang akan dicpai
|
|
|
|
F
|
Alokasi Waktu
|
|
|
|
|
|
1
|
Sesuai
dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar
|
|
|
|
G
|
Metode Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Sesuai
dengan situasi dan kondisi peserta didik
|
|
|
|
|
2
|
Sesuai
dengan karakteristik dari indikator dan kompetensi yang akan dicapai pada
setiap mata pelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Mengacu
pada kegiatan pembelajaran yang ditetapkan dalam silabus
|
|
|
|
H
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Pendahuluan
Kegiatan
awal untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik
untuk berpartisipasi aktif dalam
proses pembelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
a
|
Merupakan
proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
b
|
Dilakukan
secara interaktif, menyenangkkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai
dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis pesrta didik
|
|
|
|
|
c
|
Dilakukan
secara sistematis mmelalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
|
|
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
|
|
|
a
|
Merefleksi
kegiatan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran
|
|
|
|
|
b
|
Membuat
rangkuman atau kesimpulan dan
penilaian
|
|
|
|
|
c
|
Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut
|
|
|
|
I
|
Penilain Hasil Belajar
|
|
|
|
|
|
1
|
Prosedur
dan instrument penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
2
|
Mengacu
pada standar penilaian
|
|
|
|
|
3
|
Ada
lampiran soal dan jawaban sesuai dengan indikator pencapaian
|
|
|
|
J
|
Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
|
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada SK, KD, dan materi ajar, kegiatan pembelajaran
dan indikator pencapaian kompetensi.
|
|
|
|
................., ................... 201.....
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Pengawas Sekolah
Kepala Sekolah
................................. ................................. Sujiranto, S.IP., M.Pd
NIP..................................... NIP........................... NIP.19611206195011001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar