INSTRUMEN PENGAWASAN AKADEMIK
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) oleh Pengawas Sekolah
Hari/Tanggal:
.................................................................
IDENTITAS PENDIDIK
1. Nama (lengkap dengan gelar akademik)
|
:
|
|
2.
NIP/NIK
|
:
|
|
3.
Pangkat/Golongan
|
:
|
|
4.
Jenis
Kelamin
|
:
|
L/P
*)
|
5.
Tempat,
tgl lahir
|
:
|
|
6.
Pendidikan
Terakhir
|
:
|
|
7.
Akta
Mengajar
|
:
|
Memiliki/Tidak Memiliki*)
|
8.
Sertifikasi
|
:
|
Mendapatkan/Belum
Mendapatkan
|
9.
Sekolah
Tempat Tugas
|
:
|
|
1)
Nama
|
:
|
|
2)
Alamat
Sekolah
|
:
|
|
3)
Kabupaten/Kota
|
:
|
|
4)
Provinsi
|
:
|
|
5)
No. HP
|
|
|
6)
No.
Telp. Sekolah
|
:
|
|
7)
Alamat
e-mail
|
:
|
|
10. Mata Pelajaran /Guru Kelas SD
|
:
|
|
11. Beban Mengajar per Minggu
|
:
|
Jam
|
LEMBAR
PENILAIAN
Petunjuk pelaksanaan
penilaian:
Berilah tanda V pada tiap kota yang
tersedia sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. Angka pada kolom penilaian
menyatakan
1 = Memenuhi/ sangat
rendah
2 = tidak
baik/rendah
3 = baik/tinggi
4 = sangat
baik/sangat tingi
No.
|
Aspek yang dinilai
|
No.
|
Indikator Operasional
|
Pemenuhan
|
Penilaian
|
||||
Tdk
|
Ya
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
A. Perumusan Silabus dan RPP
|
|
|
|
|
|
|
|||
1.
|
Pengembangan
Silabus dan RPP
|
1.
|
Menjabarkan
pada visi dan misi sekolah
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menggunakan
target program sekolah
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
|
Menggunakan
kalender pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
|
Memiliki
target prestasi belajar siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
|
Menganalisis
konteks
|
|
|
|
|
|
|
||
6.
|
Memperbaiki
silabus berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
||
7.
|
Memperbaiki
RPP berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
||
8.
|
Memiliki
dokumen Silabus dan RPP sesuai program
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
|
9.
|
Memenuhi
kelengkapan administrasi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
10.
|
Menetapkan
KKM
|
|
|
|
|
|
|
B.
Tujuan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|||
4.
|
Kejelasan
perumusan tujuan pembelajaran.
|
11.
|
Mengandung
penafsiran tunggal
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Menggambarkan
prilaku siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
13.
|
Mengandung
prilaku belajar yang kongkrit
|
|
|
|
|
|
|
||
14.
|
Menunjukkan
prilaku yang terukur
|
|
|
|
|
|
|
||
15.
|
Fokus pada
hasil belajar siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
16.
|
Merujuk pada
target KKM
|
|
|
|
|
|
|
||
17.
|
Kontekstual
|
|
|
|
|
|
|
||
18.
|
Menyatakan
tujuan dalam pernyataan positif
|
|
|
|
|
|
|
||
C. Materi Ajar
|
|
|
|
|
|
|
|||
5.
|
Pemilihan
materi ajar.
|
19.
|
Menentukan
materi sesuai dengan tujuan
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Menentukan
materi sesuai dengan perkembangan intelektual siswa.
|
|
|
|
|
|
|
||
21.
|
Memilih materi
sesuai dengan perkembangan psikologis siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
22.
|
Memilih materi
relevan dengan karakteristik lingkungan.
|
|
|
|
|
|
|
||
23.
|
Menunjukkan
kedalaman materi sesuai dengan kebutuhan siswa.
|
|
|
|
|
|
|
||
24.
|
Memberikan
maanfaat untuk kehidupan siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
6.
|
Pengorganisasian
materi ajar
|
25.
|
Materi sesuai
dengan SKL
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
Materi sesuai
dengan alokasi waktu
|
|
|
|
|
|
|
||
27.
|
Menyusun
materi sistematis
|
|
|
|
|
|
|
||
28.
|
Menyesuaikan
dengan struktur keilmuan.
|
|
|
|
|
|
|
||
29.
|
Menentukan
kedalaman materi sesui dengan kebutuhan belajar siswa.
|
|
|
|
|
|
|
||
30.
|
Menentukan
keluasan materi
|
|
|
|
|
|
|
||
D. Sumber Belajar
|
|
|
|
|
|
|
|||
7.
|
Pemilihan sumber belajar
|
31.
|
Menggunakan
rujukan media cetak
|
|
|
|
|
|
|
32.
|
Menggunakan
rujukan berbasis TIK
|
|
|
|
|
|
|
||
33.
|
Menggunakan
rujukan nara sumber
|
|
|
|
|
|
|
||
34.
|
Menggunakan
sumber informasi dari lingkungan sosial sekitar
|
|
|
|
|
|
|
||
35.
|
Menggunakan
sumber informasi dari lingkungan alam sekitar
|
|
|
|
|
|
|
||
36.
|
Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
E. Media Belajar
|
|
|
|
|
|
|
|||
8.
|
Pemilihan
media pembelajaran
|
37.
|
Menggambarkan
konsep abstrak dalam bentuk peraga visual.
|
|
|
|
|
|
|
38.
|
Memetakan
konsep abstrak dalam peta pikiran yang kongkrit.
|
|
|
|
|
|
|
||
39.
|
Mendemonstrasikan
proses yang abstrak ke dalam diagram proses yang kongkrit.
|
|
|
|
|
|
|
||
40.
|
Menggunakan
alam sekitar sebagai peraga.
|
|
|
|
|
|
|
||
41.
|
Menggunakan
TIK sebagai media peraga.
|
|
|
|
|
|
|
||
F. Skenarion Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|||
9.
|
Kejelasan
skenario pembelajaran
|
42.
|
Menetapkan kegiatan apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
43.
|
Merancang
kegiatan inti
|
|
|
|
|
|
|
||
44.
|
Mengembangkan
keterampilan berpikir
|
|
|
|
|
|
|
||
45.
|
Mengembangkan
kegiatan eksplorasi
|
|
|
|
|
|
|
||
46.
|
Mengembangkan
kegiatan elaborasi
|
|
|
|
|
|
|
||
47.
|
Mengembangkan
kegiatan konfirmasi
|
|
|
|
|
|
|
||
48.
|
Mengembangkan
pengalaman belajar
|
|
|
|
|
|
|
||
49.
|
Menyediakan
tugas tatap muka dan nontatap mutu
|
|
|
|
|
|
|
||
50.
|
Merancang kegiatan
evaluasi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Kerincian
skenario yang
mencerminkan strategi pembelajaran
|
51.
|
Memuat
rangkaian kegiatan agar siswa menguasi kompetensi dasar
|
|
|
|
|
|
|
52.
|
Menentukan
susunan hierarki konsep materi pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
||
53.
|
Menentukan
urutan kegaitan pembelajaran agar siswa menggunakan keterampilan berpikir
kritis
|
|
|
|
|
|
|
||
54.
|
Menentukan
urutan agar siswa menguasai informasi
|
|
|
|
|
|
|
||
55.
|
Menentukan
urutan pengembangan keterampilan siswa
menggunakan informasi
|
|
|
|
|
|
|
||
56.
|
Mengembangkan
pengalaman belajar
|
|
|
|
|
|
|
||
G. Alokasi Waktu
|
|
|
|
|
|
|
|||
11.
|
Mengatur
alokasi waktu
|
57.
|
Menentukan
alokasi waktu berdasarkan jumlah kopetensi
dasar
|
|
|
|
|
|
|
58.
|
Menentukan alokasi
waktu berdasarkan keluasan materi
|
|
|
|
|
|
|
||
59.
|
Menentukan alokasi
waktu berdasarkan kedalaman materi
|
|
|
|
|
|
|
||
60.
|
Menentukan alokasi
waktu berdasarkan tingkat kesulitan materi
|
|
|
|
|
|
|
||
61.
|
Menentukan
alokasi waktu berdasarkan ketersediaan
waktu sesuai program.
|
|
|
|
|
|
|
||
62.
|
Menentukan
alokasi waktu berdasarkan daya serap
siswa.
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Kesesuaian
teknik dengan tujuan pembelajaran
|
63.
|
Mengembangkan
teknik pembelajaran untuk mencapai tujuan.
|
|
|
|
|
|
|
64.
|
Melibatkan
proses mental dan fisik peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
||
65.
|
Mengembangkan
interaksi kelas dalam kegiatan belajar siswa
|
|
|
|
|
|
|
||
66.
|
Mengembangkan
interaksi siswa dengan lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
||
67.
|
Mengembangkan interaksi siswa dengan sumber
belajar
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Kekengkapan
instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
|
68.
|
Mengerumuskan
kisi-kisi
|
|
|
|
|
|
|
69.
|
Merumuskan
instrumen penilaian
|
|
|
|
|
|
|
||
70.
|
Mengembangkan
format acuan penilaian dan penskoran
|
|
|
|
|
|
|
||
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|||
Total Skor
|
|
|
Keterangan :
Nilai
proses pemenuhan komponen standar :
|
|||
Nilai
Kinerja Pelaksanaan Perencanaan Pembelajaran:
Skor Perolehan
-------------------- X 100% = ............... (Nilai Akhir) ..........................................................
280
Ketercapaian:
|
86
% - 100 %
|
=
|
Baik
Sekali
|
|
70% - 85 %
|
=
|
Baik
|
|
55% - 69 %
|
=
|
Cukup
|
|
Di bawah 55%
|
=
|
Kurang
|
Catatan Tindak Lanjut :
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(.................................................)
NIP/NIK
|
Yang Dinilai,
(.................................................)
NIP/NIK
|
Pengawas Sekolah,
(.............................................)
NIP/NIK
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar